Senin, 26 Desember 2016

sabar

SABAR
Oleh : Anisatun Nuroniyah

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji dan sangat dianjurkan dalam agama. Sebagai hamba yang beriman, kita harus menjadikan sabar sebagai sikap hidup, baik ketika kita sedang ditimpa musibah maupun saat melaksanakan kewajiban agama. Sikap sabar  bisa menjadi tolok ukur seberapa tingkat keimanan seseorang.

Selama ini pengertian sabar selalu dilekatkan pada sikap menerima atas segala cobaan dan ujian yang menimpa seseorang. Padahal, sabar yang sebenarnya merupakan sikap optimistis, baik ketika menerima musibah atau cobaan maupun dalam menjalankan perintah Allah, sebagaimana sikap Nabi Ismail as, saat Nabi Ibrahim menyampaikan perintah Allah  kepadanya. Apa sikap Nabi Ismail as, saat diberitahu ayahnya, Nabi Ibrahim as, yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelihnya ? Ia menjawab, sebagaimana terekam dalam Firman Allah :

قَالَ يآ أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرْ . سَتَجِدُنِيْ إِنْ شَآءَ اللهُ مِنَ الصَّابِرِيْنَ

Artinya : " Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar." ( QS. Al-Shaffaat : 102 ).

Pengorbanan yang dilakukan oleh kedua Nabi Allah tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada Allah dalam menjalankan perintahNya.

Oleh karena itu, sabar selalu dikaitkan dengan ujian Allah kepada hambaNya, baik berupa perintah menunaikan ibadah ( qurban, shalat dll ) maupun cobaan berupa musibah ( gempa, banjir dll ), di mana keduanya menjadi saling berkaitan, agar mereka sabar menerima ujian berupa musibah dan sabar menjalankan kebajikan     ( membantu saudaranya yang terkena musibah ).

Peringatan Idul Adha bisa menjadi momentum penting bagi kita dalam menguji kesabaran, menjalankan perintah Allah untuk berqurban, sebagaimana Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as menjalankan perintahNya. Begitu pula bencana yang terus menerus terjadi di negri kita tercinta ini bisa menjadi ujian, seberapa sabar kita menerima cobaan itu dan seberapa peduli kita terhadap musibah itu.

Sudahkah kita berqurban ? Apapun yang kita berikan dan kita sumbangkan untuk kepentingan dan kemaslahatan umat, merupakan bentuk kesabaran lain yang akan menyemai dan menyuburkan iman kita kepada Allah SWT. Untuk itu, tetaplah bersabar sebagai sikap optimis menggapai cita-cita luhur dalam lindungan Allah SWT. So, Sabar is the BEST...

Solo, 15 Nopember 2009




oase :
إِنَمَا الصَّبْرُ عِنْدَ صَدْمَةِ اْلأُوْلىٰ
Artinya :"Sesungguhnya kesabaran itu saat benturan ( datangnya cobaan/ujian) pertama." ( Al-Hadis)
Bila kita mampu menghadapi ujian (pertama) tersebut, kita akan lebih mudah menghadapi cobaan-cobaan berikut, why not ?




Ralat  QS. Al- Shaffaat 102 :

قَالَ يآ أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرْ . سَتَجِدُنِيْ إِنْ شَآءَ اللهُ مِنَ الصَّابِرِيْنَ
Share:

PPDB ONLINE SD-DJI

Dibuat olehARDHA maz_ardha.develoers.com