Rabu, 08 Februari 2017

Kesulitan belajar anak




IDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK
dan IMPLEMENTASINYA dalam PEMBELAJARAN

A.      Pendahuluan
Tujuan pembelajaran hakekatnya adalah membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal, oleh karena itu guru seyogyanya mengenali dan memahami potensi peserta didik yang menjadi siswa asuhnya. Dengan memahami potensi peserta didik, guru dapat memberi gambaran tentang kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan peserta didik, serta dapat mengetahui potensi yang perlu ditingkatkan dan kelemahan yang perlu diminimalisasi. Dengan demikian guru dapat merencanakan pembelajaran yang tepat agar peserta didik mencapai prestasi terbaiknya sesuai dengan potensinya.

A.   Tujuan
Setelah melaksanakan pembelajaran, peserta diklat diharapkan dapat memahami konsep potensi peserta didik dan pengembangannya serta menentukan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.

B.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mengidentifikasi potensi peserta didik

2.    Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
A.      Bahan            
1.    Bahan Bacaan Identifikasi Perkembangan Kemampuan Intelektual,
2.    Bahan bacaan lain yang relevan
3.    Dokumen/ data selengkap yang memungkinkan, yang diperlukan untuk identifikasi potensi peserta didik dari kasus kelas yang diasuh peserta diklat, diantaranya: hasil tes IQ, potensi, dan catatan tentang gambaran pembelajaran yang telah dilakukan serta karakteristik peserta didik terkait perilaku dan kemampuan intelektual.
B.      Kegiatan       
1.    Tugas
a.    Tentukanlah potensi peserta didik yang akan diidentifikasi dan identifikasi menggunakan data dari peserta didik di kelas yang Anda asuh, berdasarkan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada uraian materi bagian identifikasi kemampuan potensi
Jawab : Untuk mengetahui perilaku yang dikuasai oleh siswa setelah mengikuti pelajaran dan pelatihan , konsekuensi diri digunakan cara ini adalah : awal mulai kegiatan pembelajaran tergantung kepada perilaku yang harus diajarkan kepada peserta didik .
b.    Tentukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat digunakan sebagai altenatif dalam pembelajaran untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
Jawab : Melihat dan menelusuri bakat dan minat , sikap , motivasi belajar , gaya belajar, kemampuan berfikir yang dimiliki peserta didik .
c.  Buatlah laporan hasil kegiatan, selanjutnya unggahlah
LK 1 telah terselesaikan 
Share:

PPDB ONLINE SD-DJI

Dibuat olehARDHA maz_ardha.develoers.com