Selasa, 18 Juli 2017

Mendidik anak



*MENDIDIK ANAK ALA ALI BIN ABI THALIB*

Sahabat Ali bin Abi Thalib pernah berkata :

" Didiklah anakmu sesuai jamannya, karena dia tidak hidup pada jamanmu"

Perkataan ini menunjukkan bagaimana Ali mendidik putra putrinya. Beliau bukan seorang sahabat Rosululloh yang kaya materi, walaupun beliau juga menantu Rosululloh.  Sahabat Ali dikaruniai kecerdasan otak, kekuatan fisik dan sifat kepribadian yang melindungi orang orang lemah.

Dari kepribadian beliau kita bisa mengambil contoh bagaimana beliau mendidik anak anaknya.  Ali membagi periodisasi pendidikan anak dalam 3 periode..

1. Periode 0-7 tahun, Didiklah anakmu seperti pangeran atau raja

Saat awal kehidupan di dunia pendidikan pada anak anak hendak nya diperlakukan seperti raja (bukan manja). Makanan dijaga yg terbaik, life skill diajarkan yang terbaik, pendidikan dasar diarahkan yg terbaik, bukan dibiarkan berbuat buruk.

2. Periode 7-14, Didiklah anakmu seperti tawanan.  Namanya tawanan dia harus taat pada penjaganya.  Umur 7-14 adalah umur anak mulai banyak ingin tahu.  Kita harus menjaga mereka, kita harus memilihkan teman yang baik, memilih kan pendidikan yg baik dan kadang harus sedikit protektif terhdap hal buruk di sekitar anak kita. Jangan sampai lengah sehingga ada kepribadian anak yang 'tercuri' dari perhatian kita dan berkembang tidak sesuai yg kita harapkan.

3. Periode 14-21 (periode baligh/dewasa).  Perlakukan anakmu seperti sahabat.

Pada usia ini anak sudah merasa besar Dan tahu. Kadang suka memberontak, menganggap orang tua sebagai penghalang keinginan.  Ali menasehatkan pada kita untuk sering berdiskusi dengan anak.  Bicara masalah keinginan dan masa depan.  Mengarahkan tanpa memaksakan kehendak. Lebih banyak berbicara untung dan rugi sebuah pilihan.

Coba kita lihat putra kembar beliau Hasan dan Husein yg memiliki kecerdasan, kepakaran dalam ilmu dan sifat santun.  Saya kira itu bisa menjadi contoh yang baik bagi pendidikan anak anak kita.

Sumber : rangkuman dari berbagai tulisan tentang pendidikan anak.

#nasehat_untuk_diri_sendiri
#selamat_memulai_tahun_pendidikan_baru
Share:

PPDB ONLINE SD-DJI

Dibuat olehARDHA maz_ardha.develoers.com