Jumat, 08 September 2017

Pembelajaran Qurban SD DJI Surakarta


Dalam rangka pembelajaran bagi para siswa, pada tanggal 2 Agustus 2017  diadakanlah acara yang bertajuk Belajar 

Ibadah kurban tidak sekadar  ritual  semata.  Ibadah kurban mengandung banyak sekali hikmah. Salah satunya sebagai media pembelajaran, khususnya bagi para siswa. “Ibadah kurban merupakan media pembelajaran bagi para siswa,”.

Karena itu, SD Djama'atul Ichwan Surakarta (SD DJI) berusaha memaksimalkan momentum Idul Adha/ Idul Kurban  sebagai media pembelajaran.  “Pertama, ibadah kurban tersebut mendidik jiwa ikhlas dalam berkurban, sebagaimana  dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail,” tutur Sudrajat  yang juga penanggung jawab kegiatan Idul Adha 1438 H 
SD Djama'atul Ichwan Surakarta .

Kedua, kata Sudrajat, mendidik siswa agar dalam diri mereka tertanam rasa simpati dan empati terhadap orang-orang yang tidak berpunya. “Karena itu, kami melibatkan seluruh siswa dalam ibadah kurban tersebut”.
SD Djama'atul Ichwan Surakarta  mengajak siswa dan orang tua siswa untuk berkurban.  Selain itu,SD DJI juga mengajak para siswa untuk berlatih berkurban dengan cara urunan (mengumpulkan uang bersama-sama) untuk membeli hewan kurban. “Tak hanya itu, kami ajak para siswa untuk bersama-sama dengan para guru untuk menangani hewan kurban tersebut,”.

Kemudian menangani  hewan kurban tersebut , yakni menguliti, mencacah, dan memasukkan daging kurban tersebut ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan. “Para siswa pun kami libatkan untuk mendistribusikan daging kurban tersebut kepada masyarak
Share:

PPDB ONLINE SD-DJI

Dibuat olehARDHA maz_ardha.develoers.com