Senin, 23 Juli 2018

Ciri-Ciri Soal FPB dan KPK


Ciri-Ciri Soal FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)
- Nilai angka pada pilihan jawaban lebih kecil / sedikit dari bilangan yang ada pada soal (pada soal pilihan ganda). Misalnya, jika pada soal yang dicari adalah FPB dari 24 dan 32, maka tidak mungkin jawabannya lebih besar dari 24. Sehingga jika semua pilihan jawaban pada soal pilihan ganda nilai bilangannya lebih kecil daripada soal, maka kemungkinan itu adalah soal FPB.
- Ada kata-kata "paling banyak, sebanyak-banyaknya, sama banyak, jumlah yang sama, jenis yang sama, atau sama rata". Jika salah satu atau beberapa dari kata-kata tersebut ada di dalam suatu soal, maka soal tersebut kemungkinan besar adalah soal FPB.
Contoh Soal FPB
1. Bu Sulastri mempunyai 56 permen, 40 kue, dan 24 roti. Makanan tersebut akan dibagikan kepada beberapa anak di lingkungan rumahnya. Jika setiap anak mendapat bagian yang sama baik jumlah maupun jenisnya, jumlah anak yang mendapat makanan tersebut paling banyak . . orang.
a. 4
b. 8
c. 12
d. 15





Ciri-Ciri Soal KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)
- Nilai angka pada pilihan jawaban lebih besar / dari dari bilangan yang ada pada soal (pada soal pilihan ganda). Misalnya, jika pada soal yang dicari adalah KPK dari 24 dan 32, maka tidak mungkin jawabannya lebih kecil dari 32. Sehingga jika semua pilihan jawaban pada soal pilihan ganda nilai bilangannya lebih besar daripada soal, maka kemungkinan itu adalah soal KPK.
- Bisa juga pilihan jawaban berupa tanggal, misalnya pada soal "mereka akan melakukannya bersama-sama lagi pada tanggal . . . .", maka pilihan jawaban tentu saja berupa tanggal.
- Ada kata-kata
"setiap - sekali - setiap - sekali , mereka, bersamaan, bersama-sama, atau bersama-sama lagi". Jika salah satu atau beberapa dari kata-kata tersebut ada di dalam suatu soal, maka soal tersebut kemungkinan besar adalah soal KPK.
Contoh Soal KPK
2. Abid dan Zidan berlatih karawitan di sanggar yang sama. Abid berlatih setiap 6 hari sekali dan Zidan berlatih setiap 8 hari sekali. Jika pada tanggal 15 Januari 2014 mereka berlatih bersama-sama, mereka akan berlatih bersama-sama lagi pada tanggal . . . .
a. 29 Januari 2014
b. 30 Januari 2014
c. 7 Februari 2014
d. 8 Februari 2014 

Share:

PPDB ONLINE SD-DJI

Dibuat olehARDHA maz_ardha.develoers.com